Friday 28 August 2015

PISAU BUBUT_Cara mengasah pisau / pahat bubut supaya tajam

 CARA MENGASAH PISAU / PAHAT BUBUT KANAN YANG BAGUS


mengasah pisau kanan seperti ini bisa membuat pisau menjadi sangat tajam

      Dalam pekerjaan permesinan dalam hal ini adalah membubut salah satu hal yang terbilang penting adalah ketajaman pisau atau pahat.Dengan pisau yang tajam tentu pekerjaan bisa lebih cepat selesai dan hasilnya bagus.Untuk kali ini akan saya sampaikan sebuah tips atau lebih tepatnya model asah pisau yang berbeda dengan apa yang saya dapatkan sewaktu sekolah di smk dahulu.

       Kali ini akan saya bahas tentang pisau bubut kanan.Pisau ini disebut dengan pisau kanan karena langkah  kerjanya dari arah kanan ke kiri ,atau dengan kata lain bagian yang paling tajam ada disebelah kiri.Untuk pisau kanan yang sesuai dengan apa yang saya dapatkan disekolah dulu bentuknya hanya lurus atau asahan datar saja.Untuk yang saya bahas ini maka ada yang di buat cekungan,atau dalam bahasa saya dibuat " R " diperoleh dari kata radius.Didalam mengasah untuk membuat radius ini,kita bisa menggunakan bagian pinggir gerinda.Asahlah sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah cekungan yang tingginya sama antara depan dan belakang atau bagian depan lebih tinggi dari yang belakang.Asahan ini dimaksudkan agar geram / tatal keluar menjauhi benda kerja.Jika geram bubutan / tatal begerak kedepan berada disela - sela antara pisau dan benda kerja , ini artinya pisau bagian depan lebih rendah daripada bagian belakang.Hal ini bisa mengakibatkan pisau patah pada ujungnya dan saya yakin hasilnya juga kasar.

       Adapun dalam pengasahannya ,terkadang juga sering terjadi kesalahan.Dalam membuat cekungan terkadang asal saja.Asahan pisau yang benar bentuk "R" nya dimulai dari atas kebawah hingga membentuk "R".Sedangkan kesalahan yang sering terjadi adalah bentuk "R" nya dimulai dari datar lalu naik keatas sehingga membentuk "R" yang salah.Hal ini mengakibatkan jalannya pisau menjadi berat dan hasilnya juga tidak halus.Semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.

Baca juga :

  1. Cara mengasah pisau bubut dalam yang bagus
  2. Cara mengasah pisau drat dalam

No comments:

Post a Comment