Thursday 24 September 2015

Cara membuat gagang pisau bubut luar untuk membubut benda kerja mepet




     Sebagai seorang operator bubut,terkadang kita dituntut untuk kreatif dalam bekerja.Terutama jika kita harus memaksa sebuah mesin untuk mengerjakan benda yang dimensinya melebihi kapasitas mesin.Bagi saya sendiri,pekerjaan seperti ini sudah biasa,mengingat jumlah mesin yang kurang.Jadi,mau tidak mau harus bisa dikerjakan.Sebagai contoh saya sudah pernah dihadapkan dengan benda kerja yang diameternya besar tetapi tipis.Hal ini membuat saya agak sedikit kerepotan.Jika dikerjakan begitu saja apa adanya,sudah pasti meja eretan mesin akan berbenturan dengan ragum atau benda kerja itu sendiri.Bahkan langkah eretan atas pun sudah habis.Langkah terakhir yang harus diambil adalah dengan membuat gagang pisau yang berfungsi sebagai rumah pisau sambungan.

GAGANG PISAU BUBUT MODIFIKASI


     Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gagang pisau ini antar lain :
  1. Plat dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan ukuran rumah pisau mesin bubut.Plat ini berfungsi sebagai gagang pisau untuk rumah pisau tambahan ini,sehingga panjangnya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Dua buah plat dengan ukuran panjang dan lebar disesuaikan dengan ukuran gagang pisau kanan yang akan digunakan.
  3. Plat dengan ketebalan sama dengan gagang pisau ( poin 1 ) tetapi panjang dan lebarnya disesuaikan dengan plat pada poin 2.
  4. Dua buah baut M 8 atau M 10.
     Untuk membuatnya sangat mudah,tinggal menggabungkan bahan-bahan tadi dengan cara di las seperti terlihat pada gambar diatas.Sebelum melakukan pengelasan ada baiknya untuk membuat derat dulu pada salah satu plat pada poin 2.Buatlah chamfer pada bagian-bagian yang akan di las untuk memberikan kekuatan.
   
     Selain dengan membuat gagang pisau,ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengerjaan benda kerja seperti ini,diantaranya adalah :
  1. Setinglah pisau bubut dengan benar sebelum mulai membubut.Pastikan meja eretan  mesin tidak berbenturan dengan benda kerja atau ragum.Caranya letakkanlah meja eretan mesin pada langkah dimana ragum atau benda kerja akan berbenturan denganmeja eretan mesin.Doronglah pisau dengan menggunakan eretan atas sampai pada akhir benda kerja yang akan dibubut.
  2. Putarlah ragum dengan tangan untuk memastikan bahwa penyetelan sudah benar-benar aman.
  3. Gunakanlah putaran pelan atau sedang.
  4. Jika memungkinkan,gunakanlah cairan pendingin,jika tidak gunakanlah pelumas.
  5. Berhati-hatilah saat proses membubut,lengah sedikit saja ragum dan meja eretan mesin bisa berbenturan.
     Alat sederhana ini semoga bisa membantu pekerjaan anda,Tukang Bubut amatiran.


No comments:

Post a Comment