Friday 4 September 2015

Cara membuat pisau bubut alur luar

PISAU BUBUT ALUR LUAR



     Pisau alur luar merupakan salah satu jenis pisau yang mempunyai peranan penting dalam sebuah bengkel bubut.Terutama bengkel bubut yang memproduksi hidrolik.Pisau ini sering digunakan untuk membuat piston,profil untuk o-ring atau untuk jarak bebas ketika mengedrat luar.Tidak hanya itu pisau ini juga mempunyai fungsi untuk memotong sebuah benda.

     Untuk memenuhi syarat dalam pekerjaan diatas,ada beberapa hal yang harus diperhatikan ,diantaranya :
  1. Buatlah sebuah pisau dengan kriteria bagian depan lebih lebar dari bagian belakang.Bagian atas juga sama,harus lebih lebar dibanding bagian bawah.Hal ini bertujuan agar pada saat digunakan bagian benda kerja yang sudah tersayat tidak bersentuhan dengan pisau.Jika sampai terjadi maka hasilnya kemungkinan akan kasar atau bahkan bisa mengakibatkan pisau terkunci pada benda kerja sehingga pisau bisa patah.
  2. Buatlah radius pada bagian atas pisau.Hal ini bertujuan agar tatal dengan mudah terlepas dari pisau.
  3. Pasanglah pisau dengan ketinggian 1 sampai 3 mm diatas senter benda kerja.Jangan memasang pisau dibawah senter benda kerja,karena akan mengakibatkan pisau tertarik oleh putaran benda sehingga pisau bisa patah.Jika pada saat membubut pisau sangat berat didorong,ada kemungkinan pisau ini terlalu tinggi saat memasang.
  4. Gunakanlah putaran ( rpm ) sedang.
  5. Berikan cairan pendingin ( bromus ) atau pelumas saat membubut.Selain sebagai pendingin,cairan ini juga berfungsi sebagai pelicin sehingga lebih mempermudah keluarnya tatal dari pisau.
  6. Pada saat membubut samping,kemiringan asahan pisau harus lebih diperhatikan,biasanya sebelum mencapai kedalaman yang diinginkan bagian bawah pisau sudah bersentuhan dahulu dengan benda kerja tanpa kita sadari.
  7. Jangan mendorong pisau terlalu cepat atau terlalu lambat,ikutilah alur putaran mesin.Gunakanlah perasaan anda pada proses seperti ini.
  8. Berhati-hatilah terhadap tatal,untuk membubut alur yang dalam biasanya tatal agak susah untuk keluar,jika ini terjadi tariklah keluar pisaunya,buanglah dahulu tatalnya kemudian lakukan pembubutan selanjutnya.
     Sekian pembahasan singkat tentang pisau alur luar ini,semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.

No comments:

Post a Comment