Tuesday 15 September 2015

PISAU MODIFIKASI

PISAU MODIFIKASI


     Membahas mengenai model pisau ini merupakan hak masing-masing operator mesin bubut.Karena pisau ini  merupakan pisau yang saya buat untuk mempermudah dalam proses pembubutan.Oleh karenanya,jika suatu saat ada yang tidak setuju atau bahkan mencela maka akan saya terima.Diantara pisau-pisau itu antara lain :
  1. Pisau chamfer.Pisau ini sebenarnya sama dengan pisau dalam tipe miring.Untuk lebih jelasnya silahkan  ( baca disini ).Hanya saja dimensi dari pisau ini disesuaikan dengan pisau kanan.Pisau ini digunakan untuk bubut chamfer,dengan syarat chamfer yang tidak mengharuskan ukuran yang presisi.Misalnya chamfer untuk pengelasan, chamfer sebagai jalan untuk seal pada as hidrolik atau chamfer agar ujung bubutan tidak tajam.Dalam proses kerjanya pun mudah yaitu cukup dengan mendorong kedepan tanpa harus menyerongkan eretan atas.
  2. Pisau radius cembung.Pisau ini digunakan untuk membuat radius cembung.Sama seperti pisau chamfer,cara menggunakannya pun tinggal mendorong saja tanpa menggunakan eretan lintang dan atas secara bersamaan.
  3. Pisau derat.Pisau derat yang saya maksud disini adalah pisau yang dibuat menyesuaikan bentuk deratnya.Karena terkadang kita jumpai derat-derat yang tidak seperti biasanya.Sebagai contoh saya pernah membuat derat yang sudutnya merupakan setengah dari derat segitiga pada umumnya.
  4. Pisau radius cekung.Pisau ini hampir sama dengan pisau alur luar hanya bagian depan dari pisau ini dibuat cembung sehingga menghasilkan sebuah alur cekung.Pisau ini biasa saya gunakan untuk membuat jarak bebas derat pada as hidrolik supaya as tersebut tidak mudah patah.
     Jika ada yang ingin menambahkan tipe untuk pisau modifikasi ini,dengan senang hati akan saya terima.Semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.
     












No comments:

Post a Comment